Senin, 01 September 2014

PENGENDALIAN HAMA TERPADU

KELOMPOK TANI MAJU "TIGA"

Pengendalian hama terpadu secara organik
adalah pengendalian secara ekonomis,menguntungkan dan tidak merusak lingkungan.Dengan tujuan menjaga ekosistem agar tisak terputus/rusak dan menyebabkan ledakan serangan hama.

Prinsip PHT
1.Budidaya tanaman sehat
 *mengunakan bibit ungul bersertifikat dan tahan penyakit
 *mengunakan pupuk organik;air sesuai jenis tanaman &umur tanaman
2.Pengamatan rutin seminggu sekali   untuk melakukan tindak lanjut pengendalian hama secara dini sehingga dapat mengurangi gejala serangan hama yang semakin meluas. 
3.Melestarikan mungsuh alam
  •    menanamkan kesadaran melindungi populasi serangga dan laba-laba yang sangat menguntungkan sebagai mungsuh alami bagi hama yang menyerang tanaman.
  • Tidak mengunakan pestisida kimia yang dapat memusnakan mungsuh alami.Digantikan pengunaan pestisida organik(pestisida organik merupakan ramuan obat-obatan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman yang dibuat dari bahan -bahan alami yang ramah lingkungan&serta aman bagi kesehatan manusia)
4.Petani sebagai ahli PHT
petani sebagai manajer/penentu dilahan sendiri yang berorentitas jangka panjang dapat nenghasilkan pangan yang aman bagi kesehatan.
  
Pengendalian hama penyakit 
*pengendalian secara mekanis/langsung
*pengendalian secata biologis dengan menggunakan presator(mungsuh alami)dan parasit sari hama tersebut.Tujuannya mengeliminasi hama dengan dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia yang sesedikit mungkin.
*pengendalian secara kimia(penggunaan berlebihan akan menjadikanhama &gulma resistan terhadap pestisida)
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar